Jumat, 24 April 2015

Food Combining

Food Combining

food combining

✅Sebuah catatan kecil pecinta FC= FOOD Combining hasil dari pengalaman dan sharing para ahli gizi....Berikut kiat dan arahannya, Selamat membaca!

Sebenarnya FC itu apa, sih?
Kalau bisa di bilang, FC adalah pola makan yang sangat alami. Alaminya di mana? Begini, FC mencari tahu apa yang terjadi dalam tubuh, apa yang diperlukan tubuh, nah baru memberikan tubuh asupan makanan yang sesuai dengan itu semua.

Berikut beberapa istilah dan tahapan FC:

#IRAMA SIRKADIAN
Setiap fungsi dalam tubuh kita, termasuk pencernaan, mempunyai irama biologis. Sistem pencernaan terbagi atas 3 fase yaitu fase pencernaan, fase penyerapan dan fase pembuangan.

⏰Pukul 12:00-20:00 : Fase pencernaan makanan
Saat ini, tubuh aktif melakukan fungsi cerna.

⏰Pukul 20:00-04:00 : Fase penyerapan sari makanan.
Ini adalah saat tubuh mulai menyerap, mengasimilasi dan mengedarkan zat makanan.

⏰Pukul 04:00-12:00 : Fase pembuangan
Pada fase ini, tubuh aktif melakukan pembuangan sisa metabolisme. Bukan berarti fungsi mencerna samasekali berhenti saat ini, hanya saja energi dominan akan digunakan untuk pembuangan. Begitu pula saat fase pencernaan dan penyerapan, bukan berarti tidak ada proses pembuangan.

#Konsep Asam Basa

Jika kita bicara tentang larutan, ada konsep asam basa disana. Ada istilah yang dikenal dengan pH. Skala 1 sampai dengan 14 mewakilinya. Semakin mendekat ke angka 1 bisa disebut asam, sedang makin bergeser ke arah 14, bisa dikatakan basa.Begitu pula dengan tubuh kita, pH tubuh yang sehat ada di angka 7,35-7,45. Nah, FC berupaya mencapai pH optimal tersebut dengan pengaturan makanan. Salah satunya adalah menganjurkan banyak makan buah dan sayur segar. Keduanya adalah pembentuk basa di dalam tubuh, karena pola hidup manusia apalagi di zaman sekarang kebanyakan menyebabkan pH cenderung asam.

✅#Kombinasi Serasi dan Tidak Serasi

Food combining juga mengatur bagaimana makanan dimakan berdasarkan kerja enzim dalam pencernaan. Dalam foo combing dikenal kombinasi serasi dan tak serasi.Prinsip padu-padan yang utama adalah:

Karbohidrat dimakan bersama dengan protein nabati dan sayur, adalah kombinasi serasi.Protein Hewani dimakan dengan sayur (tanpa karbohidrat/nasi) juga merupakan kombinasi serasi.Namun jika Protein hewani tersebut dimakan bersama sayur dan ditambah karbohidrat/nasi, maka menjadi kombinasi yang tidak serasi. Mengapa tidak serasi?

Ketika kita makan makanan yg dominan karbohidrat bersama protein hewani, maka yang terjadi adalah sistem cerna kita kerepotan untuk mencerna. Enzim amilase (berfungsi memecah karbohidrat) akan berhenti saat enzim pepsin (berfungsi memecah protein),dikeluarkan. Akibatnya, karbohidrat tidak tercerna dengan baik.Ujung-ujungnya hanya menjadi sampah metabolisme. Nah, ini dia sumber beberapa penyakit yang kadang kita alami (tapi pasti enggak nyangka kalau sakitnya gara-gara salah kombinasi dalam makan). Akibat lainnya adalah, pH darah menjadi asam. Timbullah beberapa gangguan kesehatan, yang paling sering terjadi adalah maag, migren dan alergi!

√Contoh menu food combining

Lalu bagaimana gaya makan seorang food combiner mengikuti konsep-konsep di atas? Pertama, saat bagun pagi, diawali dengan minum segelas air jeruk nipis(jeniper) hangat. Ingat TANPA GULA! Mengapa jeruk nipis peras? Maksudnya adalah untuk menyegarkan kembali liver yang sudah semalaman bekerja mendetoks tubuh. Apa enggak perih minum asam, padahal perut masih kosong? Jawabnya, enggak. Tetapi tetap setiap orang mungkin punya pengalaman berbeda. Ada yang merasa perih saat mencoba minum si jeniper ini. Kalau masih takut, ya sudah, skip saja.

√Lanjut Sarapan Buah(SABU)!

Waktu sarapan hingga sesaat sebelum makan siang, jika kita mengacu pada irama sirkadian tubuh, ada pada fase buang. Karena pada saat ini konsentrasi tubuh adalah pada fungsi buang, bukan cerna, maka diberikan makanan yang mudah dicerna. Pilihan utama jatuh pada buah. Buah adalammenu sarapan yang sempurna. Fruktosa buah memenuhi syarat untuk menjadi sumber energi tanpa menyebabkan tubuh lelah mencerna. Karena fruktosa mudah sekali diserap tubuh.

Makanan yang sangat mudah serap, efeknya tentu, perut mudah lapar lagi. Bagaimana,dong? Ya, makan lagi. Konsumsi buah memang dianjurkan dilakukan secara berulang saat perut kembali lapar, ya makan buah lagi hangga kira-kira pukul 11 siang.

Makan siang (MAKSI) dan makan malamnya(MAKMAL), terserah! Asal tetap sesuai dengan prinsip padu-padan(Serasi) yang telah dijelaskan di atas. Lebih nyaman menu karbohidrat. Bukan karena fanatik nasi, toh sebagian dari kita juga sering makan tanpa nasi. Tetapi semakin lama melakukan pola makan lebih sehat, rasanya tubuh kita akan lebih nyaman tanpa protein hewani. Murah pula! Maksi dan makmal bisa dengan menu karbo, misalnya Nasi-lalapan-tahu-tempe goreng. Hmmm … jangan lupa tambah sambal, Maknyusss…. Kalau sedang ingin makan daging-dagingan, Anda bisa menikmatinya dengan teman sayur-sayuran, lebih bagus lagi kalau salad atau sayuran mentah lainnya.

Manfaatnya Apa, Sih?
Banyak cerita /testimoni dari teman -teman yang ber-FC rata-rata mereka sangat mendapat manfaat FC seperti: keluhan maag sembuh, alergi sangat berkurang, berat badan ideal. Bahkan ada  yang berhasil menurunkan angka kolesterol darahnya dari 260-an mg/dl kembali ke angka normal, hanya dalam 7-10 hari. Bahkan ada juga sebuah informasi pejuang kanker yang terbantu dengan menerapkan FC ini.

Nah, bagaimana dengan Anda? Berani mencoba?

Info Sehat Kita✅

Tidak ada komentar:

Posting Komentar